Kategori
Android GNU/Linux Mobile Blogging

Memilih Mouse Wireless yang Senyap

Last updated on 14 November 2020 by Dani Iswara

Jenis tetikus atau mouse nirkabel senyap lumayan mengurangi kebisingan di masa pandemi korona ini. Bayangkan situasinya…bekerja memakai komputer, laptop, tablet, dan keyboard berbarengan dengan orang lain dalam satu ruangan. Suara tuts papan ketik beriringan dengan berderiknya scroll mouse, klak-klik mouse, embusan kipas komputer, hingga decitan kursi.

Meluncurlah saya ke situs Logitech.com versi Indonesia. Pilih kriteria mouse yang bisa klik tanpa suara dengan koneksi Bluetooth (low energy) plus USB receiver. Penerima USB untuk Bluetooth ini disiapkan untuk device yang belum terinstal perangkat penerima Bluetooth atau memudahkan koneksinya di sistem operasi Android ponsel dan tablet.

Pilihan produk yang muncul hanya ada 1 buah yaitu mouse M590 Multi-Device Silent untuk pengguna tangan kanan atau right handed. Beberapa keunikannya misalnya:

  • bisa dipakai di berbagai perangkat minimal Windows 7, MacOS 10.10, Linux kernel 2.6+, Android 5.0, iPadOS 13.1,
  • tombol dan scroll-nya hening dikaim mengurangi noise klik hingga lebih dari 90% (dibanding seri M585),
  • memakai 1 buah baterai ukuran AA (pra-instal) yang diklaim tahan hingga 2 tahun,
  • moda sleep otomatis untuk menghemat daya baterai,
  • bisa digunakan sekaligus untuk 2 perangkat,
  • bisa saling copy paste teks, gambar, dan berkas dokumen antar sistem operasi Windows dan MacOS dengan syarat menginstal perangkat lunak tambahan Logitech Options dan kedua perangkat terhubung dalam jaringan Internet yang sama (local network),
  • ada 2 tombol tambahan di sisi ibu jari untuk akses cepat forward dan backward halaman web (di Windows dan Mac tombol ini bisa diubah fungsinya dengan mengunduh software Logitech Options),
  • ada pilihan warna hitam/graphite, abu/mid grey, dan merah/ruby.
Mouse Logitech M590 Multi-Device Silent

Kekurangan atau kelemahan mouse M590 adalah tidak bisa digunakan di area yang beralaskan kaca dan hanya terbatas koneksinya dengan 2 perangkat saja. Cek spesifikasi lengkap tetikus M590 di situs resminya.

Kalau tidak butuh kesenyapannya ada tetikus optik lain sesama produk Logitech yang fiturnya sangat mirip yaitu M585. Tidak butuh keheningan tetapi lebih butuh koneksi hingga 3 perangkat? Coba lirik mouse M720 dan beberapa seri MX. Salah satu seri MX yaitu MX Master 2S bahkan bisa digunakan di atas permukaan kaca (ketebalan kaca minimal 4mm). Solusi murah meriah supaya bisa dipakai di atas kaca? Cukup pakai alas mouse.

USB Unifying Receiver

USB unifying receiver Logitech

Dengan bantuan USB penerima Bluetooth tambahan yang disebut USB Unifying Receiver, Logitech mengedepankan teknologi Easy-Switch yang memudahkan penggunanya multi-tasking antarkomputer/tablet/ponsel dengan satu mouse dan atau keyboard yang kompatibel ala Logitech Flow. Dengan teknologi nirkabel 2,4GHz memang tidak terasa ada jeda atau putus-putus ketika memakainya. Saat ini satu USB Unifying Receiver bisa terkoneksi hingga 6 perangkat sekaligus. Bentuk alat penerimanya memang mungil serasa tidak perlu cabut pasang lagi di laptop.

Tetap produktif di rumah!

Saya memakai Linux OpenSUSE versi Tumbleweed di laptop lawas. Bagaimana kompatibilitas mouse M590 di Linux? Nantikan di blog berikutnya…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.