Kategori
Art Vlogging

Memilih Watercolor Pan

Last updated on 11 Oktober 2020 by Dani Iswara

Bingung memilih cat air model pan atau bak kecil? Macamnya memang banyak. Selain berbentuk tube, cat air juga ada yang berbentuk cake dan bak/pan. Saya sedikit berbagi tips bagaimana caranya memilih watercolor model half pan sesuai selera, dana, dan kebutuhan. Sebagai pemula, sebaiknya tahu dulu walau sedikit daripada menyesal belakangan. Layak dibeli ngga sih? Kecuali dana memang tidak terbatas. Salah beli? Ya beli lagi lainnya.

Selera, dana, dan kebutuhan

Salah satu masalah selera misalnya lebih suka palet plastik atau logam? Saya pernah mengunggah salah satu video di Youtube: Memilih Palet Watercolor Pan Praktis. Palet plastik terasa lebih ringan. Palet logam akan rawan karatan.

Di video ini saya membandingkan set watercolor pan plastik vs logam yang ukurannya lumayan praktis. Diwakili oleh Cotman Watercolours Sketcher’s Pocket Box dari Winsor & Newton versus empty palette box versi generik.

Lebih senang beli palet langsung jadi tinggal pakai atau malah kustom pilih warna sendiri dari tube? Sayangnya tidak semua formula cat air tube benar-benar sama dengan versi pan-nya. Silakan baca Belajar Melukis Cat Air (1) di Dani Iswara .com.

Cat air berbentuk setengah pan terasa lebih praktis. Terutama pas buat kebutuhan traveling. Untuk kuas berukuran besar, media kertas besar, dan kepentingan melukis di studio, tentu lebih nyaman dan hemat memakai tube. Setidaknya pan berukuran penuh atau full sized pan. Enaknya cat air itu salah satunya karena cat dari tube yang tersisa di palet masih bisa dipakai atau diaktivasi lagi. Pastikan paletnya tertutup dan terlindung dari debu dan cahaya.

Kebutuhan pemula, sekadar hobi, atau mau level yang lebih serius? Untuk cat air tube 5ml dan setengah pan kualitas pelajar/pemula berisi 12 macam warna bawaan, dana Rp 500 ribu sudah cukup bahkan masih ada kembaliannya. Selebihnya, layak untuk cat air kualitas profesional, artis, atau artist grade.

Untuk pemula, saya biasanya akan menyarankan pilih palet cat air sesuai dana. Kalau bisa, cari yang wadah atau paletnya fleksibel sesuai kebutuhan. Bayangkan ketika cat di baknya sudah habis, pan bisa diisi ulang dari versi tubenya. Bahkan bisa beralih ke versi cat yang profesional. Refill versi pan biasanya pilihan warnanya tidak selengkap versi tube. Bentuk palet yang menarik antara lain Cotman Watercolour Pocket Sketcher’s Box dari Winsor & Newton yang mungil, Van Gogh Watercolour dari Royal Talens dengan fleksibilitas posisi paletnya, dan Sakura Koi Pocket Field Sketch Box dengan model palet yang tidak kalah praktisnya. Sakura dan Royal Talens tergabung dalam satu grup perusahaan.

Mau cat air yang level profesional? Kembalikan sesuai selera. Ada pelukis yang tidak terlalu membutuhkan cat warna hitam dan putih. Padahal di set palet 12 warna ada beberapa merek yang bawaannya memang menyertakan kedua warna itu. Hitam kadang lebih disukai dengan membuatnya sendiri dari campuran beberapa warna. Putih dipertahankan dari warna kertas. Kalau terpaksa perlu warna putih ya pakai gouache yang opak, akrilik putih, atau pena gel putih. Di level artis, masing-masing merek cat air punya karakteristik tersendiri.

Membandingkan beberapa merek cat air profesional 12 warna

Kita batasi yang harga per setnya di bawah 2 juta rupiah, 12 warna bentuk tube atau setengah pan, dan formulasi versi tube sama dengan versi pan-nya. Merek yang termasuk antara lain Daniel Smith, Schmincke Horadam, Holbein Artist Watercolor (HWC), Winsor & Newton Professional, dan Rembrandt dari Royal Talens. Sedangkan merek seperti Sennelier dan M. Graham saat ini diketahui belum memiliki versi tube dan pan yang sama. M. Graham belum punya versi pan. Versi tube kedua merek ini kurang memadat sempurna kalau dituangkan ke pan karena komposisi catnya yang mengandung madu. Untuk Sennelier L’Aquarelle–yang versi artisnya, tersedia bentuk pan tersendiri. Seperti sudah disebut sedikit di atas, biasanya versi khusus pan memiliki jumlah koleksi warna yang tidak sebanyak versi tube. Di sini keuntungan merek yang memiliki versi tube dan pan serupa. Pilihan warnanya lebih luas.

Versi tube Winsor & Newton dan Rembrandt yang dituang ke pan, saat sudah kering atau memadat, akan sedikit pecah/retak walau tetap bisa dipakai. Formulasinya sedikit berbeda?

Nama dan kode warna tiap produk akan berbeda-beda tergantung merek. Walau memiliki kode pigmen atau nama yang serupa, komposisi tiap merek juga bisa berbeda. Saat memilih warna baiknya perhatikan kode pigmen universal. Kode pigmen universal yang perlu diketahui:

  • PY : pigment yellow
  • PR : pigment red
  • PV : pigment violet
  • PB : pigment blue
  • PG : pigment green
  • PO : pigment orange
  • PBr: pigment brown
  • PBk: pigment black
  • PW : pigment white.

Beberapa warna terdiri dari pigmen tunggal. Ada juga yang berupa kombinasi beberapa pigmen dengan perbandingan tertentu. Kode pigmen yang sama antarmerek belum tentu sama kualitasnya. Atribut hue atau tint, kalau pabrikan jujur mencantumkannya, biasanya digunakan untuk keterangan bahwa cat tersebut merupakan versi lebih murah, karena bahan aslinya relatif lebih mahal. Bahan yang eksotis dan lebih mahal itu misalnya Cadmium, Cobalt, Vermilion, dan Viridian.

Daftar Isi

Daniel Smith

Daniel Smith Watercolor Essentials Set dan Sketcher Hand Poured Watercolor Half Pan Set kombinasi yang pas buat pemula.

Produk asal Seattle, Amerika Serikat ini tidak punya set yang 12 warna. Adanya Ultimate Mixing Hand Poured Watercolor Half Pan Set 15 warna (Tabel 1). Saat ini belum ada seri untuk pemula atau pelajar. Tidak ada hitam dan putih di dalam set bawaannya Daniel Smith. Tetapi kedua warna itu bisa dibeli terpisah. Sayangnya kekurangan set palet ini adalah mixing area/space di sisi dalam penutupnya atau lid-nya kurang fungsional. Bakal rembes. Kecuali diakali dengan “dinding” tambahan. Atau sekalian pindah semua bak kecilnya ke set atau wadah palet lainnya. Kode angkanya sampai 9 digit. Karena terlalu panjang jadi tidak saya cantumkan di tabel.

Tabel 1. Ultimate Mixing Hand Poured Watercolor Half Pan Set by Daniel Smith

PigmenKode #NamaAtribut
PW6:1(9 digit) Buff Titanium*I, 1, Y, ST, S1
PY97Hansa Yellow MediumI, 2, N, ST, S2
PO48, PY150Quinacridone Gold*I, 2, Y, T, S2
PR255Pyrrol ScarletI (NR), 3, N, ST, S3
PR177, PV19, PR149Permanent Alizarin CrimsonI, 3, N, T, S2
PV19Quinacridone RoseI, 3, N, T, S2
PB29Ultramarine BlueI, 3, Y, T, S1
PB36Cerulean Blue, ChromiumI, 2, Y, ST, S2
PB15:3Phthalo Blue (Green Shade)I, 4, N, T, S1
PG7Phthalo Green (Blue Shade)I, 4, N, T, S1
PY43Goethite (Brown Ochre)*I, 2, Y, ST, S1
PBr7Burnt SiennaI, 1, Y, ST, S1
PR101Indian RedI, 3, Y, O, S1
PBr7Raw UmberI, 2, Y, ST, S1
PB29, PBr7Jane’s GreyI, 2, Y, ST, S2
Keterangan:
*: warna unik/khas Daniel Smith (DS)
I (dari 4 kategori): lightfastness paling bagus
NR: not rated by ASTM yet, DS rated only
1/2/3/4: non/low/medium/high staining
N/Y: no/yes untuk granulasi
T/ST/O: transparan, semi transparan, opak
S1: seri 1 (harganya lebih murah; S3 paling mahal)

Set di atas hanya 1 warna opaknya yaitu Indian Red. Sisanya transparan (6) dan semi transparan (8). Ada 9 warna yang bergranulasi dan 12 berpigmen tunggal. Alternatif lain coba cek produk Sketcher Hand Poured Watercolor Half Pan Set isi 6 warna (4 granulasi) dikombinasi dengan Essentials Watercolor Set versi tube 5ml isi 6 warna (1 granulasi). Versi tube bisa kita campur manual sesuai selera dan kebutuhan untuk melengkapi set pan yang sudah ada. Kalau menyukai cat air dengan beberapa warna yang memiliki tekstur atau dikenal dengan sebutan granulasi, merek ini cocok dipakai. Pilihan warna tube terbanyak dibanding merek lain. Mencapai 250-an untuk ukuran 15ml dan 88 buah berukuran 5ml termasuk beberapa warna khas (Primatek) yang hanya dimiliki Daniel Smith.

Beli via Amazon.com:

Schmincke

Merek dari Jerman ini agak sulit didapatkan di toko resminya di Indonesia. Salah satu setnya ada yang berisi 12 warna model setengah pan dengan wadah metal dan kuas model travel dari Da Vinci.

Dari keterangan di brosur resminya, warna yang kita dapat bisa dilihat di Tabel 2.

Tabel 2. Schmincke Horadam 12 colors half pan

PigmenKode #NamaAtribut
PY3215 Lemon YellowST, SS, 3/5, S1
PY35224Cadmium Yellow LightSO, S, 4/5, S3
PR108349Cadmium Red LightO, SS, 4/5, S3
PV19353Permanent CarmineSO, SS, 4/5, S3
PB29494Ultramarine FinestT, SS, 4/5, S2
PB27492Prussian BlueSO, S, 4/5, S1
PG7519Phthalo GreenT, NS, 4/5, S1
PO62, PG7534Permanent Green OliveSO, SS, 4/5, S2
PY42655Yellow OchreSO, S, 5/5, S1
PR101649English Venetian RedO, S, 5/5, S1
PB15:1, PBr7, PBk9663Sepia BrownSO, ST, 4/5, S1
PBk9780Ivory BlackSO, SS, 4/5, S1
Keterangan:
T: transparan
ST: semi transparan
SO: semi opak
O: opak
NS: non-staining
SS: semi-staining
S: staining (catnya lebih meresap di kertas, sulit diangkat dengan teknik lifting up)
5/5: 5 dari maksimal 5 bintang, paling bagus lightfastness-nya
S1-4: seri 1 termurah.
Kode warna/pigmen Schmincke.

Versi 12 warna tube 5ml-nya juga memiliki set warna serupa dengan versi pan. Ada 10 yang berpigmen tunggal. Hanya 2 warna yang dikategorikan transparan, yaitu Ultramarine Finest dan Phthalo Green. Lainnya semi opak (7), opak (2), dan 1 semi transparan. Mungkin akan sedikit menyulitkan atau butuh penyesuaian buat penyuka teknik layering/glazing. Cat yang bergranulasi tidak ada di set ini tetapi tersedia di beberapa koleksi warna lainnya. Ada 3 buah cat berseri 3, 2 buah yang berseri 2, dan sisanya seri 1. Jangan salah pilih dengan Schmincke Akademie yang versi pelajar/pemula. Kalau suka warna yang vibran dan menyolok tetapi agak kurang transparan, set ini akan cocok untuk dimiliki.

Beli via Amazon.com:

Holbein

Holbein berbasis di Osaka, Jepang. Situs HK Holbein Artist Materials merupakan perwakilan resmi Holbein di Amerika Serikat dan Kanada. Salah satu produknya adalah Holbein Artist Watercolor (HWC) tube 5ml 12 warna. Ada warna hitam dan putih di dalam set ini (Tabel 3).

Tabel 3. Holbein Artist Watercolor 12 warna tube 5ml

PigmenKode # NamaAtribut
PR177, 122, PV19W010Crimson LakeA, TNI, 3/3
PO73, PR254, PY110W019Vermilion (tint/hue)A, OS, 3/3
PY42W034 Yellow OchreA, ON, 3/3
PY74, 83W036Permanent Yellow LightA, ONH, 2/3
PY3, 53, PG7W066Permanent Green # 1A, TNE, 2/3
PG7W061Viridian (tint/hue)A, TKH, 3/3
PB29, 15W091Cobalt Blue (tint/hue)A, TNX, 3/3
PB27W097Prussian BlueA, TKH, 2/3
PBr7W134Burnt SiennaA, TNX, 3/3
PBr7W133Burnt UmberA, TNX, 3/3
PBk9W138Ivory BlackA, TNX, 3/3
PW6W002Chinese WhiteA, O, 3/3
Keterangan:
A-F: seri; seri F paling mahal
T: transparan
N: non staining
E: easy lift
H: hard lift
X: granulasi
B: semi transparan
K: semi staining
O: opak
S: staining
I: intense
3/3: 3 dari maksimal 3 bintang, paling bagus lightfastness-nya atau permanennya.

Ada 9 yang berpigmen tunggal, 4 opak, 4 bergranulasi, dan seri A semuanya. Komposisi pigmennya tidak mudah ditemukan di situs resminya. Belakangan ada beberapa komposisi cat yang diperbarui bahkan perubahan nama catnya. Merek ini kesannya cat buatan Asia dengan cita rasa Eropa. Pilihan catnya semua dari seri termurah. Seandainya berisi beberapa seri di atasnya mungkin akan lebih bisa bersaing. Pilihan cat di versi palm box (pan) berbeda dengan versi tubenya.

Beli via Amazon.com:

Winsor & Newton Professional

Winsor & Newton berbasis di London, Inggris. Merek ini pilihan setnya paling banyak. Lini Cotman yang untuk pelajar/pemula. Di level artis, salah satu setnya yaitu Professional Watercolour Field Box – 12 Half Pan yang modelnya sangat pas untuk traveling (Tabel 4).

Tabel 4. Winsor & Newton Professional Watercolour Field Box – 12 Half Pan

PigmenKode #NamaAtribut
PY175720Winsor Lemon YellowA, S1, ST, St
PY154730Winsor YellowA, S1, ST, I, St
PR264725Winsor RedA, S1, ST, St
PR206466Permanent Alizarine CrimsonA, S3, T, St
PB29263French UltramarineA, S2, T, I, G
PB15707Winsor Blue (Green hue) A, S1, T, II, St
PG7719Winsor Green (Yellow shade) A, S1, T, I, St
PY43744Yellow OchreAA, S1, SO, I
PR101074Burnt SiennaAA, S1, T, I
PBr7554Raw UmberAA, S1, T, I
PBk9331Ivory BlackAA, S1, O, I
PW4150Chinese WhiteAA, S1, SO, I
Ketetangan:
AA: extremely permanent
S1: seri 1
ST: semi transparan
I: excellent lightfastness
St: staining
G: granulasi

Semuanya diklaim berpigmen tunggal. Hanya 1 yang bergranulasi di set ini. Hitam dan putih sering ada di dalam setnya. Ada 6 warna transparan, 3 semi transparan, 2 semi opak, dan 1 opak. Berisi kuas model travel. Merek ini salah satu pilihan yang paling mudah ditemukan di toko alat lukis di Indonesia. Terutama lini Cotman-nya.

Beli via Amazon.com:

Rembrandt Watercolour dari Royal Talens

Salah satu set cat air 12 warna level artis dengan harga terjangkau dan ekonomis untuk rentang harga 500 ribu rupiah hingga 1 juta rupiah. Plus kuas sable hair ukuran 4 model retractable/travelling brush di dalam wadahnya. Misalnya produk Rembrandt Watercolour Luxury Pocket Box 12 warna setengah pan (Tabel 5). Wadahnya terbuat dari plastik. Ada beberapa warna yang berbeda dibanding versi metalnya. Kuasnya tidak sebaik punya Da Vinci untuk urusan sistem kuncian retracktable-nya. Paletnya bisa dilepas pasang. Versi metalnya sedikit lebih mahal dibanding versi plastiknya.

Rembrandt watercolour 12 warna
Rembrandt watercolour luxury pocket box 12 warna.

Tabel 5. Rembrandt Watercolour Luxury Pocket Box 12 warna

PigmenKode #NamaAtribut
PY35207Cadmium Yellow Lemon3+, ST, S3
PY35, PO20210Cadmium Yellow Deep3+, ST, S3
PR108314Cadmium Red Medium3+, ST, S3
PR187336Permanent Madder Lake3+, T, S2
PB29506Ultramarine Deep3+, T, S1, G
PB35534Cerulean Blue3+, ST, S3, G
PG7, PY154662Permanent Green3+, T, S2
PG18616Viridian3+, T, S2, G
PY43, 42227Yellow Ochre3+, T, S1
PBr7411Burnt Sienna3+, T, S1
PBk11, PR101416Sepia3+, T, S1
PBk6, PB15708Payne’s Grey3+, T, S1
Ketetangan:
3+: tidak memudar 100 tahunan dalam kondisi museum (lightfastness)
T/ST: transparan/semi transparan
S1: seri 1
G: granulasi

Ada 7 warna yang berpigmen tunggal, 4 warna dari seri 3, dan 3 bergranulasi. Karakter bahan Cadmium bisa opak hingga semi transparan tergantung aplikasi air yang kita pakai. Coba cek di kertas linen hitam. Set yang plastik luxury ini mulai sulit diperoleh di luar Indonesia. Lebih sering tersedia versi metalnya.

Beli via Amazon.com:

Simpulan

Membeli cat air versi tube relatif lebih ekonomis dibanding versi pan. Apalagi kalau kedua versinya memiliki kualitas dan komposisi yang sama. Mau set palet siap pakai? Tinggal pilih salah satu merek. Tertarik dengan banyaknya pilihan warna, transparansi, dan granulasinya? Pilih Daniel Smith. Sayang bentuk paletnya mengecewakan. Set palet beserta kuas travel? Ada Schmincke Horadam, Holbein (versi palm box), Winsor & Newton Profesional, dan Rembrandt. Silakan dipilih sesuai selera dan kebutuhan!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.