Kategori
Web Accessibility

Gerakan No Mouse on the Web in Monday

Diperbarui 12 November 2017 oleh Dani Iswara

Saya ikut Gerakan NoMoWiM, No Mouse on the Web in Monday, kreasi Pak Harry. Manifestasi berikut adalah menurut pilihan saya pribadi. Tiap hari Senin, saya akan menelusuri halaman Web memakai peramban berbasis teks. Pilihannya Links, atau sejenisnya. Elinks bahkan punya fitur multitab. Walau tetap berbasis teks. Sehingga otomatis, navigasi tanpa tetikus akan menjadi hal yang penting.

Sekalian mengevaluasi aksesibilitas halaman Web via navigasi papan ketik. Dengan sedikit berempati, kita bisa merasakan bagaimana sulitnya menelusuri halaman Web yang kurang aksesibel. Bersyukurlah kini kita masih memiliki fungsi panca indera normal. Alat gerak lengkap. Tidak ada hambatan fungsional.

4 tanggapan untuk “Gerakan No Mouse on the Web in Monday”

Wah, saya sepertinya tidak bisa hidup tanpa tetikus :) Tapi kalau menggunakan laptop dengan menggerakkan jari di atas papan sensor, apa bisa dianggap no mouse? Kalau iya sih sepertinya saya masih bisa. Tapi kalau murni menggunakan papan ketik, wah..

iskandaria,
kalau touchpad sih masih serupa mouse. Tapi ajakan ini tidak sesaklek itu. Menurut saya, setidaknya mencoba navigasi dengan hanya papan ketik, lalu merasakan bedanya. Bisa dicoba dengan situs sendiri. Lalu berbagi pengalaman menjadi difabel. :)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.