Kategori
Web Standards

WHATWG vs W3C – HTML5 standard, which one the most recent is?

Diperbarui 30 Agustus 2010 oleh Dani Iswara

Guys, as a common users and not-yet a regular author of HTML5, your the-next-standard is confusing me. Which "next-standard" should I follow? Web Hypertext Application Technology Working Group (WHATWG) or World Wide Web Consortium (W3C) version?

Which one is the most recent for HTML5 status? HTML5 current work by WHATWG or HTML5 latest published version by W3C?

Readings:

4 tanggapan untuk “WHATWG vs W3C – HTML5 standard, which one the most recent is?”

Ops…
Ada dua standarisasi yang berlaku bli?
Boleh share bli, diantara keduanya mana yang lebih “maju”, dikaitkan dengan halaman contoh HTML5 yang bli buat?

Saya sendiri belum mencobanya, walaupun saya sudah mengunduh template wordpress yang kompatile dengan HTML5 dan valid CSS2.1 dari Diggingintowordpress.com buatan Jeff Starr (h5).

Mungkinkah keduanya sama-sama baik digunakan untuk validasi?

aldy~PF,
WHATWG tempat HTML5 mulanya diolah. Didukung kemudian oleh W3C setelah XHTML2 belakangan dihentikan. Semacam ada keengganan untuk memusatkan semuanya di W3C. Saya tidak lagi mengikuti perkembangannya. Sebaiknya memantau kedua sumber tersebut, Pak Aldy.

Bli,
Mungkinkah ini terkait dengan kelambanan W3C mengantisipasi perkembangan WEB? kalau tidak salah W3C masih berkutat dengan XHTML sementara WHATWG sudah beralih ke HTML5 yang digadang-gadang lebih simple dari XHTML. Barusan saya lihat-lihat ke WHATWG, HTML5 sendiri masih banyak bug, walaupun perbaikannya sepertinya hanya bentuk rekomendasi.
Saya mencoba untuk belajar dari beberapa ebook yang berhubungan dengan HTML5, mohon koreksi jika saya salah Bli, sepertinya untuk kasus tertentu penulisan dengan XHTML masih diperlukan. Dan gambaran hemat bandwith masih harus dibuktikan, apalagi jika diimplementasikan bersamaan dengan CSS3.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.