Kategori
Art Mobile Blogging

Mencoba Watercolor Pan Terbaik

Diperbarui 22 Desember 2020 oleh Dani Iswara

Setelah memilih cat air pan terbaik rekomendasi saya, saatnya mengenali, mencoba, dan mengeksplorasi keindahan watercolor pan pilihan.

Apa yang membuat sebuah merek set cat air dianggap terbaik? Bisa dari segi transparansinya, keawetan warnanya yang tidak mudah pudar (lightfastness), kualitas vibran atau kecerahan pigmen warnanya, interaksinya antarpigmen (juga dengan air, kertas dan kuas), variasi warna, fleksibilitas fitur palet bawaan, dan tentu saja kesesuaian dengan harganya.

Khusus keawetan warna dikenal istilah fugitive color, yaitu warna yang lebih mudah memudar saat terpapar sinar matahari, lampu, suhu, kelembapan, polusi, dan kondisi lingkungan sekitarnya.

Menurut tips Birgit O’Connor di Artist Network, beberapa warna merah yang kurang awet itu antara lain opera, alizarin crimson, madder, dan gamboge. Kadang juga bisa dikenali dari pelabelan atau formulasi baru yang menyertakan kata new dan permanent. Reformulasi cat baru kemungkinan hasilnya lebih awet tetapi biasanya ada saturasi yang agak berbeda dibanding formulasi warna aslinya. Disarankan untuk lebih memilih warna quinacridone.

Warna lainnya yang termasuk diragukan keawetannya yaitu aureolin dan prussian blue.

Apakah klaim lightfastness dari tiap pabrikan watercolor bisa dipercaya? Sebaiknya konfirmasikan lagi dengan pengalaman empiris para artis.

Lebih ke etika bisnis. Apakah wajar pabrikan cat air menjual warna yang pigmennya akan memudar beberapa tahun kemudian tanpa menginformasikannya di detail produknya? Apalagi harganya mahal.

Yakinkah kita bahwa cat air pilihan yang kita anggap terbaik sudah aman bagi kulit khususnya dan makhluk hidup umumnya? Apakah air buangannya tidak toksik bagi lingkungan? Beberapa reformulasi pigmen warna saat ini mungkin sudah tidak lagi mengandung logam berbahaya seperti mercuri, arsenik, dan logam berat lain. Lengkapnya silakan baca di Labelling, Lightfastness, and Toxicity (Handprint.com).

Setelah menemukan cat air terbaik versi kita masing-masing, tiap warna biasanya akan dilakukan swatches. Icip-icip tiap warna. Bahkan coba mencampurkannya hingga terbentuk kombinasi warna baru yang menarik. Dengan watercolor pan mungkin agak tricky urusan campur-mencampur warna ini. Tidak sebebas versi tube. Mau 3 colek warna merah tambah 3 usap warna kuning? Ingat bersihkan kuasnya.

Rembrandt vs Daniel Smith watercolor pan swatches.

Warna cat air yang masih terlihat di atas blok hitam (diwarnai dengan Pigma Micron hitam) menandakan warna tersebut cenderung opak. Warna semi transparan, semi opak, hingga benar-benar opak biasanya ada di pigmen warna cadmium, cobalt, kuning, putih, dan beberapa warna biru. Pigmen warna phthalo walau transparan tetapi biasanya sulit diangkat/lift up.

Warna yang bergranulasi biasanya muncul di warna earth seperti warna senada tanah, hijau, dan biru.

Cek karakteristik warna cat air di tulisan Characteristics of Watercolour oleh Jane Blundell. Cermati kembali detail informasi yang disertakan oleh tiap pabrikan watercolor pan.

Jika dananya tersedia, untuk jangka panjang, sebaiknya pilih cat air kualitas artis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.