Kategori
Mobile Blogging

Main Kartu 7 Sekop atau Seven Spade

Diperbarui:

Kami sering menyebutnya main seven. Memakai 1 set kartu remi biasa. Cocok untuk mengisi kegiatan selingan #dirumahsaja bareng keluarga. Kartu angka 7 bergambar sekop/waru hitam jadi spesial. Kartu ini jadi pembuka pertama permainan. Sesuai dengan namanya. Permainan kartu yang populer disebut seven spade ini lumayan menantang strategi. Apalagi kalau dimainkan lebih dari 2 orang pemain. Ada faktor nasib dan keberuntungan juga.

Cara main “Seven

  1. Siapkan 1 set kartu remi. Sisihkan kedua joker.
  2. Kocok kartu. Bagi rata ke semua pemain.
  3. Tiap pemain menyusun kartu yang dipegang. Tanpa terlihat oleh lawan. Kelompokkan sesuai warna dan simbolnya (sekop/waru, keriting/semanggi, wajik/diamond, jantung/heart/love). Urutkan dari terkecil hingga terbesar. Mulai angka 2 hingga 10 lalu disusul Jack (J), Queen (Q), King (K), dan As.
  4. Pemain yang memegang kartu 7 sekop berhak memulai permainan. Letakkan kartu 7 sekop di tengah (meja) permainan.
  5. Searah jarum jam, giliran pemain berikutnya. Pilihannya:
    • Keluarkan dan pasang kartu 8 sekop untuk melanjutkan ke deret atas, atau
    • Pasang kartu 6 sekop untuk lanjut ke deret bawah, atau
    • Buka “jalan” baru dengan memasang kartu 7 jantung, 7 keriting, atau 7 wajik. Selalu mulai dengan angka tujuh. Inilah kenapa disebut permainan 7 (sekop).
    • Jika tidak punya pilihan lain, buang dan matikan 1 kartu dengan menutupnya ke bawah tanpa terlihat oleh lawan. Sebaiknya pilih kartu dengan angka terkecil. Tidak boleh mematikan kartu 6 dan 8, kecuali memang tidak ada pilihan lainnya.
  6. Pemain selanjutnya meneruskan deret 7, 8, 9, 10, J, Q, K, dan As atau 6, 5, 4, 3, 2, dan As.
  7. Kartu As bisa terpasang sesudah King atau sesudah angka 2. Atur kesepakatan, semua kartu As boleh dipasang di deret paling atas atau paling bawah. Jika salah satu pemain meletakkan As di deret paling bawah, pemain lainnya mesti mengikuti posisi As di bawah selama sesi permainan. Jika di bawah, nilai akhir tiap kartu As yang tersisa di pegangan tiap pemain adalah minus 1. Jika di atas nilainya minus 15. Sistem skor ini mungkin berbeda di tiap daerah. Bisa juga dimodifikasi.
  8. Deret kartu yang sudah terpasang As dinyatakan tertutup. Tidak boleh dilanjutkan. Kartu simbol sejenis lainnya yang tersisa di tiap pemain menjadi kartu mati.
  9. Permainan berakhir ketika semua kartu di tiap pemain sudah terpasang atau mati.
  10. Jumlahkan nilai kartu yang mati atau tersisa. Kartu 2 sampai 10 bernilai minus sesuai angkanya. Kartu J dinilai minus 11, Q sama dengan minus 12, dan K senilai minus 13. Pemain dengan jumlah nilai minus terbanyak dinyatakan sebagai yang kalah dan terkena hukuman mengocok kartu.

Strategi dan tips main 7 sekop

Jelas memang selalu ada faktor lucky di permainan kartu. Strategi tergantung susunan kartu yang kita peroleh. Selebihnya coba tips ini:

  • Atur urutan keluarnya kartu di meja permainan agar sebisa mungkin semua kartu bisa dijalankan dan tidak ada yang mati.
  • Usahakan kartu deret atas bisa diselamatkan. Kecuali jumlah kartu deret atas yang dipegang ada sedikit.
  • Jika harus mematikan kartu, matikan kartu terakhir yang kita tidak punya sambungannya. Misal matikan kartu 9 atau 10 jika kita tidak punya kartu J, Q, K, atau As-nya.
  • Jangan habiskan semua kartu kunci. Misal kita berpeluang mengeluarkan kartu J dan Q, tetapi ada kesempatan lain untuk melanjutkan deret 4, 3, dan 2. Baiknya pilih lanjutkan deret 4 dan 3 dulu, baru lanjut ke J. Tahan sisa kartu Q dan 2 sebisa mungkin, kecuali tidak ada deret lain yang bisa disiasati.

Buat anak-anak, cocok untuk melatih sikap mental menghadapi kekalahan dan kemenangan. Sportif. Ketelitian juga diasah saat melihat stok kartu untuk langkah selanjutnya. Sesekali main strategi lewat kartu remi lumayan mengasah kreativitas si kecil.

Dimodifikasi dari: Main Kartu 7 Sekop (Dani Iswara – Blogspot).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.