Categories
GNU/Linux Mobile Blogging openSUSE

3 Catatan Post Install openSUSE Tumbleweed

Diperbarui:

Rutinitas setelah memasang suatu distro GNU/Linux versi desktop ada kemiripan dengan distro lainnya. Terutama kalau kebutuhan peranti lunaknya juga serupa. Di openSUSE, ada 3 pilihan cara instal software via daring:

  • via antarmuka grafis YaST (Yet another Setup Tool) Software,
  • cara 1 click install (terhubung ke YaST),
  • lewat terminal pakai aplikasi zypper.

Enaknya aktivitas instal ini bisa dilakukan hampir tanpa menyentuh terminal sama sekali. Sudah ada menu antarmuka grafis (GUI) via aplikasi manajemen paket YaST. Atau masuk blusukan ke tiap halaman di kumpulan perangkat lunak openSUSE. Tinggal klik di pilihan 1 click install (direct install) yang ada di tiap halaman aplikasi yang kita inginkan. Otomatis menu YaST terbuka. Repo yang belum tercantum juga bisa terdaftar otomatis. Berikut ini catatan, tips, dan trik saya setelah menginstal openSUSE Tumbleweed:

1. Menambahkan repositori

Tinggal buka menu YaST Software Repository. Repo resmi OSS (Open Source Software) dan Non-OSS sudah ada. Untuk tambahan berkas:

  • multimedia,
  • games,
  • essentials (berisi codecs proprietari),
  • extra (paket-paket terkait peladen atau server),

kita perlu menambahkan repo “Packman”. Masukkan alamat URL repo dan nama aliasnya. Kalau via terminal, dengan akses root via zypper, opsi addrepo+force, dan setelan prioritas 99:

# zypper ar -f 99 <URL> <alias>
# zypper ar -f 99 http://ftp.gwdg.de/pub/linux/misc/packman/suse/openSUSE_Tumbleweed/ Packman

Tambah URL repo (secure) untuk fon (fonts) via YaST:

https://download.opensuse.org/repositories/M17N:/fonts/openSUSE_Tumbleweed

Tambahan repo lain (Apache, Google Chrome 64-bit, WINE, dan lain-lainnya) bisa dipasang dari openSUSE Build Services.

Beberapa halaman repo, paket peranti lunak, dan dokumentasinya kadang agak membingungkan. Terkesan ada duplikasi di beberapa halaman dan situs.

Lanjut refresh repo:

# zypper ref

2. Perbarui Tumbleweed

Sedikit berbeda dengan opsi update distro versi non-rolling release (openSUSE Leap). Tumbleweed tidak bisa diperbarui via YaST. Mutakhirkan openSUSE Tumbleweed dengan opsi distro upgrade:

# zypper dup

Start ulang komputer kalau memang dianjurkan.

3. Instal aplikasi tambahan

Dukungan aplikasi untuk mesin 32-bit di Tumbleweed mulai berkurang. Cek ulasan newbie di Tumbleweed. Berikut ini beberapa aplikasi tambahan yang saya pasang. Lebih mudah instal sekalian via terminal. Entah mana saja yang sudah terpasang standar. Templat ini bisa saya modif untuk distro lainnya juga saat ganti distro. Mudah-mudahan sih tidak ganti lagi…

# zypper in midori tor-browser pidgin fetchmsttfonts redshift clipman libreoffice inkscape gimp vlc openshot blobby pingus supertuxkart flash-player

Ajaibnya, tidak ada aplikasi yang harus saya instal manual dari kode sumber. Zotero dan Mendeley juga sudah disediakan oleh komunitas:

Sejauh ini sangat puas pakai openSUSE Tumbleweed.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.