Kategori
Arch Linux

Klik Kanan Touchpad Netbook di Arch Linux

Diperbarui:

Beberapa ‘netbook’ memakai ‘touchpad’, ‘trackpad,’ dan ‘clickpad’ yang terintegrasi. Kadang klik kanan ‘touchpad’ tidak berfungsi dengan baik di Linux Arch. Kursor berlompatan tidak jelas saking sensitifnya.

Saya tidak lagi memakai konfigurasi berkas /etc/X11/xorg.conf, /etc/xorg.conf, atau paket hal untuk mengontrol ‘touchpad’. Saat ini, saya serahkan semuanya ke udev dan synaptics.

Untuk mengatasi ‘clickpad’, solusi yang pernah saya pakai:

  • membaca panduan dasarnya di Touchpad Synaptics – ArchWiki. Panduan bahasa Inggris ArchWiki selalu rutin diperbarui berdasarkan masukan & pengalaman empiris pengguna di forum resminya, serta laporan ‘bug’ yang ada.
  • memasang paket xf86-input-synaptics—‘driver synaptics’ untuk ‘touchpad’ notebook—terkini.
  • memasang paket gsynaptics (nantinya akan lebih dianjurkan memakai gpointing-device-settings). Untuk konfigurasi synaptics berantar muka grafis di desktop GNOME.
  • jika belum berhasil, pasang paket tambalannya, xf86-input-synaptics-clickpad. Simak pengembangannya di detail paket Clickpad (aur.archlinux.org).

Pemakaian ‘touchpad’ ala pengguna Mac sepertinya belum bisa saat ini.

11 tanggapan untuk “Klik Kanan Touchpad Netbook di Arch Linux”

Cahya,
Awalnya, saya juga tidak siap mengakrabi ‘touchpad’ mungil di netbook. Walau bukan ‘gamer’, sama, saya lebih memilih tetikus.

Ketersediaan paket gsynaptics? Jika memang sudah berfungsi lancar, mungkin tidak perlu disetel ulang via peranti lain. Distro lain biasanya sudah menerapkan ‘patch’ sendiri tanpa disadari pengguna.

Catatan: yang benar ‘telanjur’, bukan ‘terlanjur’.

Mengomentari ‘touchpad’ ala Mac yang belum bisa, kemungkinan bukan ‘device’ Synaptic yang dipakai oleh Netbook tersebut.
Dari pengalaman saya dengan dua ‘laptop’ (sama merek beda seri), walaupun memakai ‘driver synaptics’ tapi jika ‘device’ bukan asli Synaptic (SynPS/2 Synaptics TouchPad) tidak akan berfungsi fitur ‘multi touch’.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.