Kategori
Web Usability

Comments Closed di Post Metadata

Last updated on 20 Juni 2010 by Dani Iswara

Menurut saya, informasi tertutupnya kolom komentar itu sebaiknya tercantum di post-metadata. Atau setidaknya mudah ditemukan di akhir konten. Tidak seperti kebanyakan saat ini. Setelah membaca semua konten dan komentar, ternyata kolom isian komentar sudah ditutup.

Pengguna WordPress bisa menyetel di kolom 'Discussion' agar komentar tertutup otomatis untuk tiap artikel setelah sekian hari dipublikasi. Atau menutupnya manual saat menyunting tiap tulisan.

Daripada pengunjung bingung mencari dan terkecoh oleh tertutupnya kolom isian komentar, sepertinya tidak sulit menambahkan informasi semacam comments closed itu di post-metadata.

Mengenai teknisnya bagaimana, saya serahkan ke rekan-rekan yang lain saja. Menambahkan beberapa skrip di berkas single-post tentunya tidak terlalu sulit. :)

26 tanggapan untuk “Comments Closed di Post Metadata”

Cahya,
kadang memang ada pemberitahuan bahwa komentar telah ditutup. Tapi biasanya hanya di bagian paling bawah komentar. Terutama untuk komentar yang ditutup otomatis sesuai waktu tertentu. Banyak di blog-blog luar negeri. Mungkin untuk menghindari spam.

Mau saya coba deh kalau memang ada postingan yang menurut saya tidak perlu dikomentari.Tapi kan bisa juga dengan menambahkan keterangan secara manual di awal tulisan? Misalnya, berhubung satu dan lain hal, dengan terpaksa kolom komentar pada postingan ini kami tutup. Lalu lanjut dengan uraian isi posting :)

Wah, kayanya blog saya juga ndak menampilkan pemberitauan secara otomatis kalau kolom komentar juga sudah ditutup. Tapi, kayanya jarang ada orang yang membaca tulisan saya seluruhnya. Dari paragrap 1 langsung loncat ke komentar. Hehe!

Untuk tulisan yang sejak awal atau memang sengaja tidak menyertakan kolom komentar, ada kemungkinan para komentator langsung melayangkan pertanyaan lewat surel dan bisa saja pertanyaan tersebut diluar topik :D
Diskusi si A dengan si admin dan si B dengan si admin pastinya akan beragam.
Peluang mengurangi Googling mandiri hehe :p

Kata guru Bahasa Indonesia saya dulu, tidak sopan jika kita menjawab dengan menunjukkan bahwa pertanyaan yang diajukan penanya saat sebuah diskusi sudah ditanyakan sebelumnya.

Menutup komentar dengan alasan spam. Betul, Mas Dani. Saya jadi ingat punya satu artikel yang ada foto cantiknya Luna Maya di sana, terpaksa saya tutup komentarnya karena spammer mesin suka nyepam disana. Mengapa Luna Maya yang dispam? Hanya secara kebetulan, jauh sebelum dihebohkan seperti sekarang ini

Bli Dani & Satrya,

Ada beberapa theme – rasanya – yang memakai hidden comment form, jadi untuk meninggalkan komentar harus mengklik tombol reply to post (atau sejenisnya) yang ada diakhir tulisan/konten.

Jadi mungkin tulisan itu belum ditutup komentarnya.

Cahya,
tambahan info yang menarik. Terima kasih. Jika mematikan javascript dan tampilan gambar, jangan-jangan menu itu tidak terlihat/berfungsi. Sayang saya tidak mencatat nama tiap situs tersebut. :(

Gus Ikhwan,
keterangannya di bawah title-post? Beberapa situs yang saya lihat sekian lama dari dulu, ternyata tidak menyertakan info itu. Kalaupun ada, hanya di akhir komentar.

Misalnya tulisan 10 HTML Tag Crimes You Really Shouldn’t Commit dari Line25.com. Ada 248 komentar. Memakai WordPress. Tulisan 'Comments are now closed' hanya ada di akhir komentar.

Roger Johansson di tulisan Alt Text is An Alternative, Not A Tooltip, sama, keterangan ada di akhir, tapi memberi kalimat 'Comments are disabled for this post, but if you have spotted an error or have additional info that you think should be in this post, feel free to contact me' (berupa 'clickable link' ke formulir kontak).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.