Kategori
Weblog Review

Alasan Prasyarat Tinjauan Blog

Last Updated on 19 November 2012 by dani

Di tulisan pengajuan permintaan 'review' blog, saya memberi persyaratan berikut:

  1. setidaknya halaman depan dan beberapa halaman acak lainnya valid (X)HTML versi W3C atau memiliki pesan kesalahan sejumlah maksimal 20 buah.
  2. tema/'theme' sudah cukup dikustomisasi.
  3. lolos tes kontras warna.
  4. konten blog tidak melanggar etika.

Berikut ini penjelasannya.

Mengapa valid (X)HTML?
Baca kembali Alasan Validasi (X)HTML (di Dani Iswara .Net). Terjemahan dari arsip Konsorsium WWW (W3C). Diantaranya memuat alasan kemudahan pemeliharaan situs, 'best practice' yang direkomendasikan, dan memudahkan penelusuran kesalahan kode. Jika hanya omong kosong, tidak akan direkomendasikan oleh W3C, kan?
Mengapa validasi (X)HTML versi W3C?
Badan dunia itu sudah menjadi standar 'defacto'. Lainnya ada Validome, validator XHTML yang agak berbeda algoritmanya. Tapi lama tidak diperbarui.
Mengapa kesalahan/galat validasi (X)HTML ditolerir sebanyak maksimal 20 buah?
Sependek pengalaman saya, pesan galat di atas 20 buah biasanya disebabkan oleh lebih dari 5 kesalahan tunggal penulisan kode/markah. Ini juga bermaksud membuka peluang bagi blog yang memakai mesin blogspot.
Mengapa memilih tema/'theme' yang sudah cukup dikustomisasi?
Kustomisasi bisa dilakukan oleh desainer, pengembang, atau narablog pengelolanya sendiri. Setidaknya yang sudah melakukan kustomisasi bisa merasakan bahwa code is poetry, kode/markah itu puisi. Ada makna di balik deretan kode. Jadi, maaf bagi pengelola blog yang templatnya tidak memungkinkan untuk diedit sepenuhnya.
Mengapa kontras warna penting?
Tentu saja untuk memudahkan menelusuri konten. Membuat kinerja fungsi mata yang lebih sehat dan nyaman saat menikmati halaman Web. Walau dalam kondisi tanpa gambar latar sekalipun. Konten multimedia–terkait kontras suara–tidak akan banyak dievaluasi karena keterbatasan 'bandwidth'.
Tidak melanggar etika.
Jika ada yang diketahui melakukan sesuatu di luar etika umum yang berlaku, tautan aktif akan saya lepas. Jika perlu, melaporkannya ke Google spam report. 'Di luar etika' itu bisa berupa terkait dengan konten yang melecehkan suku, agama, ras, antar golongan, memuat pornografi, dan melakukan tindakan menyerupai spam.

7 tanggapan untuk “Alasan Prasyarat Tinjauan Blog”

Bli Dani,
[OOT] memelihara laman yang standar ternyata lumayan rumit juga, ternyata kesalahan komentar juga bisa menjadi masalah. 1 kesalahan bisa berkembang/beranak kesalahannya.

Cahya,
lha kalau ngga ada acuan normatif/teorinya penulisan markah itu mengacu yang mana, lalu gemana ngevaluasinya? Mau pake standar yang mana/siapa? :P

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.