Kategori
Web Standards

Mencoba SVG di Peramban Web Firefox

Last Updated on 31 Maret 2010 by dani

SVG atau Scalable Vector Graphics adalah salah satu standar W3C. SVG 1.1 yang dirilis sekitar tahun 2003 merupakan versi terkini. Menurut situs resminya tersebut, SVG adalah bahasa yang berusaha menyajikan grafis 2 dimensi dalam format XML.

Saat ini dimungkinkan 3 jenis objek grafis:

  • bentuk grafis vektor (misalnya berupa garis lurus dan kurva),
  • gambar, dan
  • teks.

Objek grafis tersebut dapat dikelompokkan, diatur tampilannya, ditransformasikan dan dikomposisikan dengan objek lain. Pun dikombinasikan dengan transformasi bertingkat, efek ‘filter’, warna gradasi, dan kliping tertentu.

Di situs pengembang Mozilla dijelaskan status pengembangan SVG di Firefox. Untuk animasi SVG, kemampuan Firefox masih kalah dibandingkan Opera dan Safari terbaru.

Berikut ini contoh interaksi SVG. Kode sumber diambil dari salah satu koleksi SVG 1.1 dan SVG Mobile Test Suite versi tahun 2006. Disesuaikan seperlunya.

Arahkan kursor tetikus/’mouse’ di atas gambar berbasis .svg berikut. Bentuk kursor tetikus akan menyesuaikan dengan area dimaksud.

Tabel 1. Interaksi tetikus dengan SVG.
Gambar berbasis SVG
Gambar berbasis .jpg Gambar perbandingan.

Tolong, jangan hotlinking. Silakan sesuaikan lokasi berkas .svg jika ingin mencobanya sendiri di situs anda.

6 tanggapan untuk “Mencoba SVG di Peramban Web Firefox”

Cahya,
sebenarnya mau coba yang animasi, tapi ternyata susah masangnya di wordpress. Untuk SVG yang tidak terlalu dinamis ini, Firefox mash boleh lah. Belum ada masalah berarti.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.