Kategori
Web Accessibility

Disable Images, Masalahmu Deritamu

Last Updated on 19 November 2012 by dani

Sebagai pengguna Web dengan kecepatan Internet yang unlimited tak terbatas sabarnya, menonaktifkan tampilan gambar/disable images jadi salah satu solusinya. Berharap konten teks tersaji relatif lebih cepat.

Risiko

Beberapa masalah dan tantangan yang mungkin muncul umumnya terkait dengan risiko kehilangan informasi:

  • Gambar penunjang sering tidak memiliki atribut alt yang deskriptif. Padahal gambar tersebut penting untuk menambah pemahaman pengguna sesuai konteks. Bukan sekadar gambar dekoratif. Lihat juga dampaknya pada suatu situs ‘e-commerce’ Review Bhinneka dot com.
  • Tantangan mengisi captcha berbasis gambar. Lihat gambar 1 di bawah.
  • Tombol kirim komentar yang tidak bisa diklik, kecuali tampilan gambar diaktifkan. Silakan baca kembali Submit button in comment form (bahasa Inggris) di Dani Iswara .Net.

Solusi

Di sisi penyedia konten, tentu sebaiknya lebih memerhatikan aksesibilitas Web. Sesuatu yang sangat mendasar, tapi sering terabaikan.

Di sisi pengguna, siasati dengan cara di bawah (Gambar 1). Contoh memakai peramban Web Mozilla Firefox untuk melihat kode rahasia yang haris diisi sebelum mengirim komentar di salah satu mesin blog.

Gunakan klik kanan.

Gambar 1. Pilih “Copy Image Location”. Tempel/’paste’ di tab baru untuk melihat kode dimaksud.

Sebenarnya banyak hal yang mengagetkan saat menelusuri Web, dari sisi fakir pita lebar/’bandwidth’. Masalahmu deritamu. :)

5 tanggapan untuk “Disable Images, Masalahmu Deritamu”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.