Kategori
Unessential Blogging Web Accessibility

Aksesibilitas Disqus dan IntenseDebate

Diperbarui 12 November 2017 oleh Dani Iswara

Tapi ternyata sudah ada yang menulis tentang kedua sistem komentar itu. Disqus s*cks & IntenseDebate s*cks banyak bertebaran di Google. [Case closed]
[or reopened later?]

Kedua sistem komentar pihak ketiga itu belum pernah saya pakai di sisi administrator. Jadi ini hanya berisi sudut pandang pengguna nonadmin.

Sistem komentar IntenseDebate pernah tertulis di Comment form in disabled images (Dani Iswara .Net). Paling terasa kesulitan akses saat ingin menekan tombol 'submit'-nya. Keluhan muncul bila tampilan gambar dinonaktifkan. Dan itu masih terjadi hingga tulisan ini dibuat!

Review aksesibilitas Disqus

Tinjauan/'review' singkat ini dilakukan dengan peramban Web Firefox dalam moda gambar yang dinonaktifkan & javascript disqus.com diaktifkan. Kelemahan Disqus (dibaca discuss):

  • harus me-'maximize' jendela peramban Web untuk bisa lebih leluasa mengakses menu 'popup'-nya. Saya biasa memakai ukuran jendela 900×450 piksel di resolusi layar netbook 1024×600 piksel.
  • Tombol menu log masuk akun Facebook, Twitter, dan Yahoo di menu 'popup'-nya tidak tampak & tidak teraba. You might need to disable your popup blocker to sign in?
  • Tombol Tab tidak berfungsi di menu 'popup'.
  • Saat CSS dinonaktifkan, tampilannya makin membingungkan. Sampai susah menggambarkannya! Mungkin lebih aman jika tampilan gambar diaktifkan saja.

Baca juga tulisan Cahya Legawa di blog catatan.legawa.com berjudul Mengapa Disqus?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.