Tulisan Blog Saya Bukan Artikel

Noted: Wednesday, July 28, 2010 at 17:54:51. Words count: 152.
Last updated: Wednesday, July 28, 2010 at 17:54:51.

Menurut saya, tulisan di sini belum atau tidak layak disebut artikel. Saya menyebutnya tulisan blog, cukup itu. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia Daring, pengertian artikel sebagai berikut

ar·ti·kel n 1 karya tulis lengkap, msl laporan berita atau esai dl majalah, surat kabar, dsb; 2 Huk bagian undang-undang atau peraturan yg berupa ketentuan; pasal; 3 Ling unsur yg dipakai untuk membatasi atau memodifikasi nomina, msl the dl bahasa Inggris;
— karet ki artikel undang-undang yg mengandung banyak tafsiran;
meng·ar·ti·kel·kan v 1 membuat jadi artikel (pd buku undang-undang); 2 menuliskan dl bentuk karangan di koran, majalah, dsb.

Menurut Wikipedia Indonesia, Artikel:

…adalah karangan faktual secara lengkap dengan panjang tertentu yang dibuat untuk dipublikasikan (melalui koran, majalah, buletin, dsb) dan bertujuan menyampaikan gagasan dan fakta yang dapat meyakinkan, mendidik, dan menghibur.

Saya hanya menuliskannya. Tidak harus meyakinkan orang lain. Tidak pula untuk mendidik. Bukan tutorial. Pun bukan berniat menghibur pengguna. Membuat pusing, malah!

Dani Iswara, [myfirstnamelastname]@gmail.com.

unEssential.

23 comments to "Tulisan Blog Saya Bukan Artikel"

  1. iskandaria

    Berarti terjadi kesalahpahaman secara massal dong kalo gitu. Posting blog (tulisan blog) selama ini sering disamakan dengan artikel. Saya sendiri mungkin yang termasuk mempopulerkan istilah artikel tersebut untuk diidentikkan dengan tulisan blog.

    Jadi mulai saat ini, sepertinya lebih baik menyebut dengan sebutan ‘tulisan blog’ atau ‘posting blog’…

  2. dani

    iskandaria,
    Sepertinya sah saja menyebutnya artikel. Hanya saja, tidak untuk tulisan blog saya.

  3. Cahya

    Nah, saya jadi bingung sekarang…

  4. dani

    Sebagai perbandingan, tulisan blog media cetak daring bisa saja disebut artikel. Tulisan blognya speakingofmedicine.plos.org juga bisa disebut artikel. Entah, apakah semua tulisan blog bisa disebut artikel.

  5. Joko Sutarto

    Hanya nama atau istilah saja, Mas Dani. Yang penting kita sama-sama mengerti apa yang dimaksud. Mau pakai nama artikel atau tulisan blog, tak masalah, kan? Atau memang ada masalah dengan kedua istilah itu?

  6. aldy

    ….bertujuan menyampaikan gagasan dan fakta yang dapat meyakinkan, mendidik, dan menghibur.

    , potongan terakhir definisi menurut wikipedia yang dikutip diatas.

    Maknanya?

  7. Riky Rizkiyana

    Tulisan blog yang bisa membuat pembaca terenyum, dan membuat pembaca menjadi lebih pintar. Apakah itu yang disebut ‘artikel’?

    menghibur=membuat pembaca tersenyum/tertawa

  8. dani

    Pak Joko Sutarto,
    Tulisan saya cukup disebut blog saja. Bukan artikel.

    Pak Aldy,
    Entah dengan keakuratan sumber dimaksud. Tulisan di blog saya ini tidak untuk memenuhi unsur tersebut. Jadi, ini bukan artikel.

    Riky Rizkiyana,
    Silakan diinterpretasikan. Tulisan saya tidak bermaksud menghibur orang lain.

  9. iskandaria

    Setahu saya, tidak semua konten blog murni berupa teks atau tulisan yang identik dengan sebuah artikel. Jadi rasanya memang sudah kurang tepat untuk menyebut tulisan blog sebagai artikel. Bukan saja untuk tulisan di blog ini lho.

    Toh, konten blog itu beragam jenisnya kan? Ada yang cuma berupa video dengan secuil narasi. Ada yang cuma berupa foto (dengan sedikit keterangan teks). Ada pula yang murni berupa news/berita. Jadi memang sudah tidak tepat menyebut tulisan/posting blog dengan istilah artikel. Termasuk tulisan-tulisan di blog saya :-)

  10. febri

    ajib kang…
    Saya juga mau bikin disclaimer kalo gitu. Tulisan di blog saya namanya tulisan asal jadi :D
    *serius mas, hampir 90% tulisan saya itu, saya buat tanpa mikir dulu. jadi kalo punya mas Dani sekedar musingin, punya saya bisa jadi dianggap ngeselin mas :((

  11. aldy

    Bli Dani,

    Kami pernah melakukan perdebatan kecil mengenai hal ini (defenisi artikel), kesimpulan :
    1) tulisan pada blog jika disertai dengan pranala/tautan yang dapat dipercaya/valid kebenarannya bisa dianggap sebagai artikel.

    2) jangan terkurung dengan pengertian artikel, karena kamus (apalagi KKBI jaring) berkembangnya seperti siput :(

  12. dani

    Pak Aldy,
    Jika ternyata bahwa “artikel= blog posting”, saya mungkin tidak akan menulis ini. Tapi jika artikel dinyatakan/terkesan lebih berbobot dibanding tulisan blog pada umumnya, maka saya menyatakan konten di blog saya bukan artikel. Dan jangan disebut artikel!

    Sehingga saya pernah menyatakan Jangan Percayai Saya! Karena konten blog saya belum tentu valid.

  13. ardianzzz

    Biarlah, saya lebih suka istilah artikel daripada postingan, mungkin “Tulisan” saja lebih baik… ☻

  14. Rudy Azhar

    kenapa harus terlalu baku dengan KBBI & wikipedia ? Seperti halnya cara menulis yang harus memakai EYD, ini semua bisa mengekang kreatifitas seseorang… emmm…… saya kaji lebih dalam lagi deh biar nggak tambah bingung…he..he..he…

  15. Mawardi

    Salam entah bedanya dimana yang jelas saya enjoy dengan tulisan disini

  16. Padly

    Kalau dalam Blogazine, istilahnya Content Bli…☺ *langsung ngacir*

  17. dani

    Rudy Azhar,
    Jika ditanya kenapa mesti EYD, Wikipedia…sama saja dengan kenapa mesti SEO, kenapa ditebalkan, kenapa blogwalking. Pasti ada tujuannya.

  18. rusydi

    Wah pak dani bilang tulisannya bukan artikel tapi secara tidak langsung malah mendidik pembaca apa itu artikel.
    Dan unsur mendidik ada dalam pengertian artikel.
    Sayang tidak jelas ketentuan panjangnya.
    hehehe

  19. ardianzzz

    Mungkin yang perlu digarisbawahi (distabillo hehe) adalah tulisan yang Informatif dan Komunikatif. Ketika kita menulis untuk dibaca semua kalangan jelas tidak mungkin menggunakan bahasa 4l4y atau bahasa klingon.

    Mengenai penggunaan bahasa baku, ah ya dibikin fleksibel sajalah… Tidak perlu ditulis seperti pada KUHP. Mas Rudy, penggunaan bahasa yang baik dan benar sangat bermanfaat. Pernah menggunakan Google Translate? Yeh, orag asing akan lebih mudah mengakses konten blog kita, bukankah ini bagus untuk usabilitas?

  20. dani

    rusydi,
    Ah, saya hanya mengutipnya saja. Menurut saya bukan, dan itu sumbernya. Selanjutnya, terserah…

  21. Harry

    Karena kepoliglotan kita sendiri khan ?, namanya juga kata serapan. Bisa jadi article disana bermakna demikian. Lalu… apa boleh bikin ? ketik saja tulisan artikel tidak penting ini bukan sebuah tutorial. Selesai. Merdeka. Begitukah Rayimas ?.

  22. dani

    Pakde Harry,
    Buat saya, lebih merdeka begitu, Pakde!

  23. Pair Programming | Ganda Manurung

    […] is not tutorial nor article about pair programming methodology. I am just trying remote pair programming with Angga and Puji. […]

Leave comment


All XHTML markups will be held for moderation. Keep on topic, please.