Comments Closed di Post Metadata

Noted: Sunday, June 20, 2010 at 12:31:22. Words count: 106.
Last updated: Sunday, June 20, 2010 at 12:50:01.

Menurut saya, informasi tertutupnya kolom komentar itu sebaiknya tercantum di post-metadata. Atau setidaknya mudah ditemukan di akhir konten. Tidak seperti kebanyakan saat ini. Setelah membaca semua konten dan komentar, ternyata kolom isian komentar sudah ditutup.

Pengguna WordPress bisa menyetel di kolom 'Discussion' agar komentar tertutup otomatis untuk tiap artikel setelah sekian hari dipublikasi. Atau menutupnya manual saat menyunting tiap tulisan.

Daripada pengunjung bingung mencari dan terkecoh oleh tertutupnya kolom isian komentar, sepertinya tidak sulit menambahkan informasi semacam comments closed itu di post-metadata.

Mengenai teknisnya bagaimana, saya serahkan ke rekan-rekan yang lain saja. Menambahkan beberapa skrip di berkas single-post tentunya tidak terlalu sulit. :)

Dani Iswara, [myfirstnamelastname]@gmail.com.

unEssential.

26 comments to "Comments Closed di Post Metadata"

  1. Cahya

    Bukannya biasanya sudah otomatis ya ada pemberitahuan seperti itu kalau menutup borang komentar?

  2. dani

    Cahya,
    kadang memang ada pemberitahuan bahwa komentar telah ditutup. Tapi biasanya hanya di bagian paling bawah komentar. Terutama untuk komentar yang ditutup otomatis sesuai waktu tertentu. Banyak di blog-blog luar negeri. Mungkin untuk menghindari spam.

  3. agung

    Saya hanya bisa menutup komentar saat menyunting ulang, jika memang/lebih baik komentar ditempatkan pada tempat yang ideal, meski masih menempatkan di akhir kalimat :)

  4. ardianzzz

    Ide bagus Mas Dani :)

  5. Cahya

    Ha ha…, bantai semua spam tanpa ampun :lol:

  6. iskandaria

    Mau saya coba deh kalau memang ada postingan yang menurut saya tidak perlu dikomentari.Tapi kan bisa juga dengan menambahkan keterangan secara manual di awal tulisan? Misalnya, berhubung satu dan lain hal, dengan terpaksa kolom komentar pada postingan ini kami tutup. Lalu lanjut dengan uraian isi posting :)

  7. Agung Pushandaka

    Wah, kayanya blog saya juga ndak menampilkan pemberitauan secara otomatis kalau kolom komentar juga sudah ditutup. Tapi, kayanya jarang ada orang yang membaca tulisan saya seluruhnya. Dari paragrap 1 langsung loncat ke komentar. Hehe!

  8. dani

    iskandaria,
    ya lebih nyaman demikian. Tapi kasus ini nampaknya lebih sering terjadi di tulisan yang tertutup otomatis untuk waktu tertentu.

  9. dani

    Agung Pushandaka,
    justru yang sering tidak sabar langsung loncat ke kolom komentar berpeluang akan terkecoh. :)

  10. Rudy Azhar

    ide seperti ini kok nggak dipikirin sama blog-blog yang ngetrend di luar sono ya? soalnya udah capek-capek scroll kebawah eh…. comment are closed….

  11. dani

    Rudy Azhar,
    terus terang saya belum menelusuri, apakah sudah ada tulisan sejenis topik ini atau belum.

  12. dhan

    hhaaha.. betyul mas :)

  13. agung

    Untuk tulisan yang sejak awal atau memang sengaja tidak menyertakan kolom komentar, ada kemungkinan para komentator langsung melayangkan pertanyaan lewat surel dan bisa saja pertanyaan tersebut diluar topik :D
    Diskusi si A dengan si admin dan si B dengan si admin pastinya akan beragam.
    Peluang mengurangi Googling mandiri hehe :p

  14. dani

    agung,
    paling-paling isi diskusinya, “Maaf, silakan Googling. Pertanyaan itu sudah sering diajukan.” :D

  15. Cahya

    Kata guru Bahasa Indonesia saya dulu, tidak sopan jika kita menjawab dengan menunjukkan bahwa pertanyaan yang diajukan penanya saat sebuah diskusi sudah ditanyakan sebelumnya.

  16. dani

    Cahya,
    berarti FAQ itu tidak sopan? :P

  17. Joko Sutarto

    Menutup komentar dengan alasan spam. Betul, Mas Dani. Saya jadi ingat punya satu artikel yang ada foto cantiknya Luna Maya di sana, terpaksa saya tutup komentarnya karena spammer mesin suka nyepam disana. Mengapa Luna Maya yang dispam? Hanya secara kebetulan, jauh sebelum dihebohkan seperti sekarang ini

  18. dani

    Joko Sutarto,
    ada untung ruginya menutup komentar tulisan lawas. :)

  19. satrya

    Iya mas, kalo tidak salah secara otomatis kan muncul pesan Comment CLosed ?

    Memang ada yg tidak muncul otomatis y mas ?

  20. dani

    satrya,
    ya, ada yang tidak muncul pesan apa-apa. Padahal terlihat ada beberapa komentar yang masuk.

  21. Cahya

    Bli Dani & Satrya,

    Ada beberapa theme – rasanya – yang memakai hidden comment form, jadi untuk meninggalkan komentar harus mengklik tombol reply to post (atau sejenisnya) yang ada diakhir tulisan/konten.

    Jadi mungkin tulisan itu belum ditutup komentarnya.

  22. Gus Ikhwan

    makasih atas infonya bli, kan kalau menutup komentar juga biasanya ada keterangannya di bawah title post kan bli

  23. dani

    Cahya,
    tambahan info yang menarik. Terima kasih. Jika mematikan javascript dan tampilan gambar, jangan-jangan menu itu tidak terlihat/berfungsi. Sayang saya tidak mencatat nama tiap situs tersebut. :(

    Gus Ikhwan,
    keterangannya di bawah title-post? Beberapa situs yang saya lihat sekian lama dari dulu, ternyata tidak menyertakan info itu. Kalaupun ada, hanya di akhir komentar.

  24. Cahya

    Kalau saya tidak salah ingat, salah satu tema wordpress yang memakai sistem ini (entah default atau tidak) adalah P2 by Automattic.

  25. dani

    Misalnya tulisan 10 HTML Tag Crimes You Really Shouldn’t Commit dari Line25.com. Ada 248 komentar. Memakai WordPress. Tulisan 'Comments are now closed' hanya ada di akhir komentar.

    Roger Johansson di tulisan Alt Text is An Alternative, Not A Tooltip, sama, keterangan ada di akhir, tapi memberi kalimat 'Comments are disabled for this post, but if you have spotted an error or have additional info that you think should be in this post, feel free to contact me' (berupa 'clickable link' ke formulir kontak).

  26. MisterXWebz

    Wah pada diskusi wordpress ya … terpaksa cuma bisa ikut baca aja dam tesenyumm,, bagus diskusinya. Salam kenal dari Blogger Newbie
    l
    l
    v
    MisterXWebz

Leave comment


All XHTML markups will be held for moderation. Keep on topic, please.